Asiafone AF903 Sama Persis Dengan BlackBerry Bold

AsiaFone AF930

AsiaFone AF930

Lagi enak-enak browsing eh.. eh.. eh.. ada info bagus tentang hp dari AsiaFone. Ternyata hpnya benar-benar bagus dan saya suka sekali dengan tampilan desain plus fitur-fiturnya. Rasanya baru kemarin blackberry diluncurkan tapi sekarang sudah banyak yang menyerupainya bahkan mereka hadir dengan harga yang jauh lebih murah dan lebih hemat. Oh ya… tapi kalau masalah kualitas tetap blackberry tidak bisa dikalahkan dengan hp mirip blackberry, cuma untuk sekedar gaya tapi ga mau kehilangan banyak uang hp mirip blackberry bisa jadi pilihan utama termasuk AsiaFone AF903 yang sama persis dengan Blacberry Bold.

blackberry bold

blackberry bold

Kalo kawanetters ingin tahu blackberry bold ini nih gambarnya, tuh muirip kan?????

Oke langsung aja kita simak artikel yang saya dapat dari selular.co.id ini, kepada selular.co.id ini saya mengucapkan terima kasih banyak atas artikelnya. Ini nih ceritanya… 🙂

Tidak sekadar dimirip-miripkan, ponsel ini sepertinya memang dibuat untuk menjadi versi aspalnya BlackBerry Bold. Selain bentuk dan tampilan yang mirip, juga dilengkapi logo mirip logo BB.

selular.co.id : Kalau Anda kebetulan melihat orang lagi menggenggam BlackBerry tipe Bold, coba cermati lagi, jangan-jangan itu bukan produk buatan RIM (Research In Motion). Soalnya, baru-baru ini Asiafone mengeluarkan seri baru yang “luar biasa” mirip BlackBerry Bold. Mulai dari bentuk, warna, desain keypad, cover belakang yang berkontur kulit, hingga logo yang mirip logo BlackBerry juga ada. Kita baru tahu bedanya setelah mencermati lebih dekat, karena kentara material bodynya tidak sebagus Bold asli. Juga tak ada trackball, yang ada hanya tombol navigasi yang bentuknya dimirip-miripkan dengan trackball.

Masih seperti ponsel-ponsel qwerty buatan Cina yang menjamur belakangan ini, AF903 juga menawarkan aplikasi chatting dan facebook. Koneksi internetnya sudah menyertakan setting proxy GPRS beberapa operator yakni XL, Satelindo, Three, Telkomsel, Axis, dan IM3. Pilih saja secara manual operator yang kita gunakan.

DESAIN
Bila dijejerkan dengan BB Bold asli, benar-benar seperti kembarannya. Cover belakangnya juga didesain mirip, mulai dari kontur kulit serta letak lubang lensa. Bahkan vendornya merasa perlu menaruh tiga logo (mirip) BlackBerry. Namun, soal kualitas material dan pengerjaan, kentara sekali beda jauh.
Pengujian: Menggenggam dan merasakan sisi ergonomis ponsel.
Nilai:
Catatan: Bisa menggunakan silicon case milik BB Bold.

LAYAR
Ukuran layarnya 2,4 inci. Tergolong cukup besar dan bahkan paling besar ketimbang pesaing di kelasnya. Sayang, sama sekali tidak ada informasi teknologi layar jenis apa yang digunakan dan berapa kedalaman warnanya. Tapi kalau diperhatikan dengan seksama, setidaknya ponsel ini dibekali kedalaman warna 65 ribu dengan teknologi STN. Tidak begitu bagus dan baik saat menampilkan gambar dengan ketajaman warna yang tinggi.
Pengujian: Menampilkan gambar dan keluar masuk menu
Nilai:
Catatan: –

MESSAGING
Mengetik pesan SMS di seri ini terbilang cukup leluasa karena layarnya yang lebar dengan kapasitas hingga 7 baris teks pada tampilan layar. Kita bisa menulis pesan hingga lebih dari 320 karakter. Saat ingin berkirim MMS, kita juga diberi pilihan untuk mengecilkan atau mengatur ukuran gambar, misalkan 320 x 240 dan 160 x 120 pixels. Tidak ada fasilitas push mail seperti yang tertera di nama fitur ponsel ini. Yang ada adalah fasilitas layanan email POP3 sebagai fitur pull mail.
Pengujian: Mengirim pesan SMS, MMS dengan resolusi gambar 320 x 240 pixels.
Nilai:
Catatan: Bisa memasukkan 3 alamat email

INTERNET
Koneksi internet bisa dilakukan lewat Wap browser yang berlogo bola dunia pada menu utama. Kita juga bisa langsung masuk menu aplikasi opera Mini, eBuddyBeta, dan facebook yang tautannya ada di folder Asiafone link. Pihak vendor juga sudah menyediakan menu setting secara manual untuk GPRS-nya dengan memilih operator yang kita gunakan. Sayang belum ada fitur setting wizard di seri ini yang berkemampuan langsung membaca dan mensetting operator yang kita gunakan.
Pengujian: Mencoba aplikasi eBuddy, facebook dan opera mini
Nilai:
Catatan: Tidak ada tombol shortcut untuk aplikasi tersebut

DUAL ON
Seri AF903 berbekal dua slot sim card GSM. Keduanya bisa kita gunakan untuk semua jenis operator GSM. Tidak seperti ponsel dual on lainnya yang dibekali dua tombol panggil 1 dan 2, AF903 hanya memiliki satu tombol panggil. Kalau tombol ini ditekan baru muncul pilihan penggunaan kartu 1 atau 1. Secara umum penggunaannya sangat mudah dan simple. Kalaupun kita hanya ingin menggunakan satu kartu, kita bisa mengaturnya lewat menu setting. Di sana ada pilihan penggunaan kartu satu saja atau dua-dua-nya.
Pengujian: Melakukan telepon dengan dua kartu secara bergantian
Nilai:
Catatan: Dua kartu bisa dipanggil secara bersamaan.

MULTIMEDIA
Fitur hiburan di seri ini dibekali dengan kamera, pemutar musik MP3 dan radio FM. Untuk pemutar musik tampil cukup lengkap dengan fitur equalizer dan Bluetooth stereo. Kita bisa menyimpan berbagai lagu dengan jumlah besar di memori yang tersedia. Sedangkan kameranya hanya berkualitas VGA, tergolong minim dan pas-pasan di era ponsel kamera saat ini. Sementara fitur pemutar radio menyediakan menu rekam siaran radio yang maish tergolong jarang dimiliki ponsel lain.
Pengujian: Memotret dan mendengarkan musik
Nilai:
Catatan: Tidak ada tombol shortcut untuk fitur-fitur ini

KONEKTIVITAS
Untuk urusan koneksi dan memindahkan data antar perangkat lain, AF903 dibekali Bluetooth. Kemampuannya tergolong baik dan kompatibel dengan Bluetooth dongle yang dihubungkan ke PC dan juga cocok dengan perangkat ponsel lainnya. Mentransfer beberapa lagu berjalan cukup baik dan lancar tanpa ada kendala yang berarti.
Pengujian: Memindahkan lagu dari PC ke ponsel
Nilai:
Catatan: Ada baiknya bluettoh di beri identitas tersendiri supaya mudah dikenali.

Kinerja
Secara umum performa seri AF903 ini baik. Difungsikan sebagai ponsel untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan berjalan baik. Saat digunakan untuk menjalankan aplikasi facebook, Ebbudy, dan juga multimedia sama sekali tidak ada gangguan yang berarti.

Kinerja Baterai
Kekuatan baterai yang digunakan sebesar 1200 mAh. Diharapkan dengan kekuatan sebesar itu mampu bertahan untuk menjalankan berbagai fitur khususnya fungsi dual kartu yang on terus. Sama sekali tidak ada data berapa lama baterai diharapkan bisa bertahan oleh pihak vendornya. Tapi saat uji coba, digunakan selama 3 hari untuk menjalankan aplikasi dengan durasi tidak terlalu sering, indicator baterai berkurang 2 bar dari 3 bar yang ada.

Test Audio :
Music: 94,0 dB
Ringtone: 95,1 dB
Human Voice: 64,5 dB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s